Minggu, 13 Januari 2013

Media sangat berguna bagi pembelajaran


Mata pelajaran IPA kelas 3 SD semester 2 tentang energi dan macam-macam jenis gerak suatu benda, alangkah baiknya jika menggunakan metode mengajar eksperimen dan problem solving. karena tentang macam-macam jenis gerak suatu benda dapat dilakukan atau dibelajarkan kepada siswa dengan menggunakan berbagai eksperimen atau percobaan. misalnya saja dengan menggunakan berbagai macam contoh seperti siswa disuruh membawa kelereng, bola kasti, kardus, pensil dan benda-benda yang ada didalam kelas masing-masing. setelah itu siswa disuruh melakukan percobaan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. guru menyediakan sebuah karduyang diatasnya diberi papan dan letaknya miring/ bidang miring.
2. siswa melakukan percobaan dengan menjatuhkan sebuah benda dari yang bentuknya bulat sampai bentuknya kotak dan dengan ukuran yang berbeda.



3. siswa mengamati apa yang akan terjadi pada benda yang dijatuhkannya pada bidang miring tadi.
4. siswa disuruh mengamati kecepatan masing-masing benda yang sudah dijatuhkan dari bidang miring tersebut.
5. setelah mengamati, siswa disuruh membuat kesimpulan tentang apa yang sudah dilakukannya tadi baik secara individu maupun kelompok.
6. setelah selesai membuat kesimpulan tentang percobaan yang dilakukan, masing-masing hasil dibacakan didepan kelas untuk dicocokkan dengan hasil jawaban guru sebelumnya.
dengan seperti itu, siswa dengan mandiri akan berusaha mencari tahu maslah yang sedang mereka hadapai. dimana macam-macam gerak benda dapat dipengaruhi oleh bentuk benda dan beasar kecilnya benda.
apabila benda yang dijatuhkan dari bidang miring tersebut bulat dan kecil seperti kelereng, maka pergerakan kelereng tersebut saat jatuh akan menggelinding dengan cepat, berbeda dengan bola kasti yang menggelinding dengan pelan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar