Sabtu, 12 Januari 2013

KEYAKINAN YANG KUAT


Syaikh Fath al-Mausily menceritakan, “Suatu ketika, aku melihat seorang anak laki-laki yang berjalan di hutan. Tampaknya ia sedang mengucapkan kata-kata. Lalu aku menyalaminya dan ia menjawab salamku. Aku pun bertanya, “Hendak pergi ke mana engkau?” “Ke rumah Allah (Makkah),”jawabnya. Aku bertanya lagi, “Apa yang engkau ucapkan?” Aku membaca Al-Qur’an,” ia menjawab. Aku berkata lagi, “Umurmu masih sangat muda, engkau belum berkewajiban melakukannya.”
Ia menjawab, “Aku telah menyaksikan bahwa kematian menghampiri anak-anak yang lebih muda dariku, sehingga aku harus bersiap-siap kalau-kalau kematian menghampiriku. “Aku merasa takjub dan berkomentar, “langkahmu kecil, padahal perjalanan masih jauh. “Ia menjawab, “Tugasku hanyalah melangkahkan kakiku, sedangkan tanggung jawab untuk sampai ke tujuan di tangan Allah.” Aku terus bertanya, “Manakah bekalmu dan tungganganmu?” Ia menjawab, “Bekalku adalah yakin, dan kendaraanku adalah kakiku ini.” Aku menjelaskan, “Yang aku tanyakan adalah tentang makanan dan minuman.”


Ia menjawab, “Wahai Syaikh, jika seseorang memanggilmu ke rumahnya, apakah pantas jika engkau membawa makanan sendiri?” Aku menjawab,”Aku menjawab, “Tentu tidak.” “Demikian pula, Tuhanku telah mengundang hamba-Nya ke rumah-Nya, sehingga karena lemahnya kenyakinanmu, maka engkau masih membawa bekal.” Apakah mungkin Allah akan menyengsarakanmu?” “Tidak mungkin, “Aku menjawab. Kemudian anak itu pergi. Beberapa lama kemudian, aku melihat ia sudah ada di Makkah. Ia mendekatiku dan bertanya, “Wahai Syaikh, apakah keyakinanmu masih lemah?”
- قَالَ : مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا
 Rasulullah  bersabda: “Barangsiapa yang membaca shalawat kepadaku sekali, Allah akan memberikan balasan shalawat kepadanya sepuluh kali.”

oleh Sony Harsono
semoga kajian ini bermanfaat untuk para pembaca. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar